Labels

Sunday 6 January 2013

Bukan Sekadar Bank Mandiri

Oleh MUHAMMAD BAGUS IRAWAN

Hidup itu biasa. Yang luar biasa adalah memanfaatkan hidup untuk kebaikan banyak orang. Itulah pesan kehidupan yang bisa kita ambil dari agama apapun, juga pendidikan etika dan filsafat manapun. Dalam tradisi Jawa, ada pepatah “Urip Iku Urup”, hidup itu nyala. Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat.

            Di sini, saya sedikit berkisah tentang pengalaman dan manfaat yang kuraih sebagai nasabah Bank Mandiri. Berawal dari Jepara tahun 2000, saat itu aku masih berumur 9 tahun, ibu mengajakku menemaninya membuka rekening Bank. Sebelumnya bapak, seorang tukang kayu, mendapat pesanan barang mebel dari bos di Jakarta, uangnya hendak ditransfer lewat Bank Mandiri. Tak ayal, sesampainya di kota kami memasuki gedung besar yang bertuliskan ‘Mandiri’. Di depan pintu, kami disambut satpam yang ramah dan murah senyum. Ia menawarkan bantuan, dan mengantar kami kepada Customer Service. Sama halnya dengan pak satpam, mbak pegawainya pun murah senyum dan ramah. Tahapan regristasi sudah selesai, ibu sudah menabung seratus ribu rupiah. Akhirnya kami pulang. Kesan awal yang kuambil saat itu adalah, pelayanan pegawai Bank Mandiri begitu santun dan ramah. Secara langsung membuat calon atau nasabah merasa nyaman memasuki gedung kantor Bank Mandiri.

            Kemudian hari aku memaklumi, wajar bila Bank Mandiri meraih begitu banyak penghargaan seamsal The Most Consistent Bank in Service Excellence-3rd times (2010-2012) dan The Best Overall Performance-5th times (2008-2012) dari Marketing Research Indonesia (MRI). Selain juga meraih penghargaan dari Forbes :The Global 2000 - The world's Biggest Public Companies (ranked 488) dan sepanjang 2012 sederet penghargaan lainnya sebanyak 59 buah. Ini karena konsistensi Bank Mandiri menerapkan pelayanan dan jasa yang terbaik bagi nasabah.

            Saat aku lulus Madrasah Aliyah (setingkat SMA), aku pun tak ragu memilih membuka buku tabungan Bank Mandiri ketimbang Bank lainnya. Dengan kata lain, keluarga kami sudah memercayai kinerja Bank Mandiri yang profesional, terdepan, terbaik dan memberi banyak keuntungan dan keamanan. Alhamdulilah, 12 tahun bersama Bank Mandiri, usaha mebel bapak bisa survive, meski ditengah gerusan persaingan mebel dari Cina dan Malaysia, berkat doa dan ikhtiar memiliki usaha mandiri dan menyejahterakan pegawai. Saya yakin, Bank Mandiri bisa sesukses sekarang karena penghargaannya terhadap kesejahteraan ribuan pegawainya. Karena kerja keras dan loyalitas pegawainya itulah, mampu membangun Bank Mandiri menghadapi seluruh aral rintang sesulit apapun.

Gagal Kunci Sukses

Kini aku menjadi seorang mahasiswa tingkat akhir di Semarang. Sebetulnya aku tidak punya usaha, aku mencari penghasilan lewat karya tulis yang kukirim di media Koran nasional dan lokal. Bila tulisan dimuat honorpun mengalir ke Mandiri Tabungan-ku yang sudah 3,5 tahun menemaniku. Biasanya tiap minggu aku ambil uang di ATM Mandiri guna membeli keperluanku seminggu kedepan. Aku lahir dan besar dari keluarga yang sederhana, aku anak pertama dan memiliki 3 adik yang masih sekolah, aku tak tega memberatkan orang tua dengan biaya kuliah dan kebutuhan sehari-hariku dalam perantauan. Tekad itulah yang membuatku mencari beasiswa dan berusaha sekuat tenaga untuk membiayai kebutuhanku selama di Semarang. Sampai detik ini aku merasa cukup bisa mandiri. 

Selama bermitra dengan Bank Mandiri aku selalu update program CSR yang ditawarkan, sudah 3 kali aku apply beasiswa Bank Mandiri, nasibku belum manjur. Begitupun saat aku ikut Mandiri Young Technopreneur tahun 2011, dan mendaftar Mandiri Bersama Mandiri (MBM) Challenge 2012, aku masih gagal. Tapi aku yakin bila kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Maka dari itu, aku juga andil dalam blog contest Bank Mandiri ini. Terima kasih Bank Mandiri, selama ini membuat aku selalu bersemangat mengikuti program-program menarik dan visioner, yang sekaligus mengasah kemampuanku dalam berwirausaha dan menulis.


Suatu hari, bapak menelponku, katanya beliau butuh uang cepat untuk membayar hutang, jika tidak maka motor hilang. Saat itu aku usai bayar uang semester, aku tak punya uang sama sekali. Seketika aku ingat dengan ‘Mandiri KTA’, yakni fasilitas pinjaman tanpa agunan yang diberikan kepada perorangan. Aku pun mengajukan regristasi, meski aku bukan pegawai, aku mengaku sebagai wiraswasta berpenghasilan 2 juta per bulan, memang saat itu aku menjadi volunteer di sebuah rumah pintar dan media digital, aku pun menyaratkan alamat kedua kantor itu. Alhamdulilah, 2 hari setelahnya pinjaman cair, uang 5 juta segera kutransfer ke rekening Mandiri bapak.

http://www.consumerloan.bankmandiri.co.id/assets/images/kpr_home.pngRencananya, setelah lulus, aku ingin membuka usaha mebel di Semarang. Untuk ruko aku akan cicil dari Mandiri KPR. Mandiri KPR merupakan kredit kepemilikan rumah dari Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan. Untuk itu, honor yang kuterima sejak pertama mengirim tulisan 2,5 tahun lalu, meski sedikit selalu kusisihkan dan ditabung di Mandiri Tabungan. Mengikuti pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, semoga apa yang menjadi impianku terwujud. Untuk itu, dalam waktu dekat ini aku hendak membuka ‘Mandiri Tabungan Rencana’, yakni tabungan dengan setoran wajib bulanan, untuk kali awal aku akan membuka dalam jangka waktu 5 tahun.

Kehidupan memang tak mudah karena akan selalu ada cobaan Tuhan dalam setiap langkah menjalaninya. Susah-senang, sedih-bahagia, stres-kecewa, dan lainnya, menjadi ekspresi yang akan kita lalui, meskipun dalam kehidupan dunia Tuhan menggambarkannya sebagai permainan belaka. Dalam pepatah Jawa, juga dinyatakan Urip mung Mampir ngombe, terjemahan dari hadist Nabi yang menyatakan bila hidup itu di dunia itu sebentar yang abadi adalah akhirat. Namun, hakikat kehidupan harus tetap kita jaga, mewujudkan keseimbangan antara jasmani dan rohani, kebutuhan dunia dan akhirat, yin dan yang, terlebih bagaimana kita menjadi seorang sukses yang memberi kemanfaatan bagi orang lain.

Jikalau aku menjadi pengusaha mebel sukses, aku memiliki impian membuka Mandiri Kartu Kredit. Itu adalah fitur yang memermudah nasabah untuk bertransaksi, jadi tak perlu repot mengambil uang cash, tinggal menggunakan kartu Mandiri. Kemudahan yang ditawarkan Bank Mandiri memang sangat membantu nasabah. Dan aku ingin sukses bersama Bank Mandiri. Secara prinsip, aku mengikuti visi-misi Bank Mandiri, ketika sukses, sejahterakan pegawai, dan penuhi hak-hak yang membutuhkan (CSR). Karena didalam setiap rizki yang diberikan Tuhan, itu bukan semata hak perseorangan, melainkan hak bersama. Bagi saya, Bank Mandiri bukanlah sekadar bank biasa, ia telah mewarnai hidupku dengan segala fasilitasnya. Untuk lebih jelasnya terkait Bank Mandiri dapat dilihat lewat video berikut http://youtu.be/y5UicfHy3g0

 

Salam Sukses, tulisan ini dibuat secara pribadi, untuk diikutkan dalam LOMBA BLOG CONTEST Bank Mandiri. Adapun rujukan yang dipakai ihwal informasi seputar Bank Mandiri dapat dilihat di http://www.bankmandiri.co.id/
APAPUN KEINGINAN ANDA, BANK MANDIRI SAJA. Sekian, Terima kasih.

157 comments:

  1. Semoga membawa kemanfaatan bagi lainnya, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. rahmalia fauza maulida ulya7 March 2013 at 09:06

      aminnnn

      Delete
  2. Replies
    1. amin. Terima kasih atas kunjungannya, mas Asep.

      Delete
  3. bagus. selain mempertahankan produk daerah yaitu produk daerah. juga mampu mendongkrak ekonomi daerah Semarang dan jepara bahkan sekitarnya. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Zainal, mari berwirausaha bersama Bank Mandiri. he matur suwun atas kunjungannya. Sukses selalu.

      Delete
  4. Manusia yang merencanakan, Tuhan yang menentukan.
    Menarik. Semoga tiap usaha dan impian abg bisa tercapai dengan tetap setia bersama Bank Mandiri.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zudika, Bank Mandiri TOP deh, semoga cita-cita kita semua terkabul. amin

      Delete
  5. Replies
    1. terima kasih. belajar yang rajin dek. sukses selalu.

      Delete
  6. Tulisan dari pengalaman yang menarik. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya. sukses selalu.

      Delete
  7. luar biasa,,"time bond" yang baik,,
    tulisannya menginspirasi sekali. sukses for u,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, kesempatan tak datang dua kali, kali ini aku ingin sukses bersama Bank Mandiri. Terima kasih atas kunjungannya, sukses buat kita semua.

      Delete
  8. wow, semoga sukses dengan cita cita nya ingin jd entrepeneur ya..
    saya salut dengan bank mandiri karena juga concern untuk kemajuan bangsa dan generasi muda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. terima kasih Fatma.
      mari menjadi entrepreneur sedari muda, yang peduli dengan bangsa. :)

      Delete
  9. Wah bener-bener inspiratif sekali......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya Mawar Udin, sukses untuk kita semua. :)

      Delete
  10. Small is the new big. Kecil itu indah,coretan tangan yang memberi kontribusi secara langsung kepada pembaca. Semoga hasil dan berkah, aamiin. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. Terima kasih Siti Anisah. seperti pepatah Jawa, alon-alon waton kelakon, mari menjadi pengusaha yang punya kontribusi. sukses buat kita.

      Delete
  11. Replies
    1. Terima kasih kang Umar Said B, sukses selalu.

      Delete
  12. Pribadi mandiri, nabung di Mandiri. Salut! Angkat topi setinggi-tingginya!
    Semoga saya bisa meneladani kemandirianmu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, mari menjadi pengusaha yang punya kontribusi. sukses selalu.

      Delete
  13. yoi,,, lanjutken mbaaaah... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap nduk, mari menjadi entrepreneur yang bermanfaat bagi lainnya. sukses selalu.

      Delete
  14. Replies
    1. terima kasih atas apresiasi dan kunjungannya.

      Delete
  15. Kenyataan yang inspirasional. Membantu membangun komitmen untuk mencapai kesuksesan yang lebih tinggi yakni selalu berusaha melakukan segala hal dengan lebih baik. Good to Great. ma'annajah :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, semoga kita menjadi orang kaya, harta, agama, akal, dan budi. agar kekayaan kita bermanfaat bagi lainnya. sukses selalu.

      Delete
  16. bagus bagus bagus...

    ReplyDelete
  17. sangat inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat. terima kasih apresiasinya.

      Delete
  18. kalo diskenariokan bagus tu kak buat iklan di tv, timelinnya oke :)
    dari awal banget sampe ke harapan masa depan.

    good luck aja buat postingan kali ini, moga dari postingan ini suksesnya gak ketunda lagi ^_^ Amin ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa' bisa jadi iklan? wah ide yang bagus Vivi. semoga dibaca Bank Mandiri. :)

      amin. terima kasih Vivi Maryati, sukses selalu.

      Delete
  19. Kisah nyata yang menggugah nurani kita semua. Tentang kemandirian, kerja keras, dan semangat pantang menyerah demi menggapai cita-cita dan impian. Virus inspirasif. Moga menyebar di mana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, terima kasih atas apresiasinya mas Andi Andrianto. mari menjadi orang kaya yang bermanfaat. sukses selalu.

      Delete
  20. Replies
    1. terima kasih kunjungannya mas Rajab. sukses selalu.

      Delete
  21. ahh senang baca ini, mengingatkan kita untuk kembali punya mimpi.. di tengah hiruk pikuk hidup dan lelah pada perasaan sendiri.. terus berjuang dan berkarya.. tangkap bahagia-bahagia kecil hari ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat, mimpi=angan=cita-cita adalah kebutuhan kita, guna memompa semangat untuk terus berjuang. terima kasih mbak Florentina Sekar, sukses selalu.

      Delete
  22. jalan yang mulus dan lurus tak kan menghasilkan pengemudi yang hebat, laut yang tenang tak kan menghasilkan pelaut yang tangguh, hidup yang tak ada hambatan tak kan membuat orang menjadi kuat .
    kisah yang sangat inspiratif sekali. sukses selalu !

    ReplyDelete
    Replies
    1. 100% betul apa kata neng Naela Abdullah, karena adanya kesusahan itulah yang menjadikan manusia kuat. terima kasih atas apresiasi dan kunjungannya, sukses selalu.

      Delete
  23. sangare mas iki, mugi2 menang. amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur suwun kang M. Abdul Aziz, semoga keksuksesan atas kita semua, amin

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Saya suka dengan ide-ide brilian Anda. Orang Indonesia itu harus berorientasi berwirausaha agar menjadi pengusaha-pengusaha yang sukses. Orang sukses adalah mereka yang berorientasi pada kemandirian hidup dan tidak suka tergantung pada orang lain. Bahkan ia bercita-cita besar merekrut orang lain dan mendidiknya menjadi wirausahawan sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap Pak, wirausaha adalah obat memberantas kemiskinan di negeri ini. mari gaungkan semangat berwirausaha. sukses selalu.

      Delete
  27. Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya Bang Albar, Bank Mandiri memang Mantul. sukses selalu.

      Delete
  28. Sip. lanjutkan mas. doa ku menyertaimu. siap tempur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. terima kasih Mas Arifin, sukses selalu.

      Delete
  29. wow, amazing..

    ReplyDelete
  30. tidak hanya bank nya yang mandiri, penulisannya pun mandiri pula. mandiri berfikri, berkarya dan mandiri hidup tentunya.

    cerita nya inspiratif, bank nya pun demikian, memberi harapan untuk mandiri. tak jauh dari namanya, BANK MANDIRI, benar-benar me-MANDIRI-kan nasabahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, Bank Mandiri benar-benar memandirikan nasabahnya. terima kasih atas kunjungannya Andi Poerwanto. sukses selalu

      Delete
  31. Sukses om Bagus...Bagus sesuai namanya:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. terima kasih mbak Nurrotun Nikmah, ayo gabung bersama Bank Mandiri. Sukses selalu.

      Delete
  32. tulisannya secara keseluruhan bagus. inspiratif juga, sistematika oke. . diselipi cerita pribadi.baguss pak. . . maju terus... semoga sukses. amiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. terima kasih zaim, mari ukir cerita inspiratif bersama Bank Mandiri. Sukses selalu.

      Delete
  33. semoga sukses. amiiin. ayo ke mandiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. Siap, ayo ke Bank Mandiri. terima kasih atas kunjungannya.. Sukses selalu

      Delete
  34. fatimatuz zahroh8 January 2013 at 11:31

    what a nice writing, inspiratif. salut sejak kecil hidupmu selalu mandiri, kedepannya pun akan ingin tetap mandiri tidak mau membebani orang lain. lanjutkan...! sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Fatimah, berusaha mandiri bersama Bank Mandiri. berusaha menolong orang lain selagi mampu. terima kasih atas kunjungannya. sukses selalu.

      Delete
  35. Mantap!!!
    Pengalaman Yang spektakuler. Lanjutkan Mbah!!!

    Q ikut Semangat, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi, bantu doanya ya. Mari mengukir sejarah bersama Bank Mandiri.

      Semangat!!! Suksses selalu.

      Delete
  36. Sungguh pengalaman yang inspiratif, suxes selalu ya ka’. Moga apa yang dicitakan segera terwujud. SEMANGAT!!!!!!!
    Jgn lupa ditunggu ilmu ke-MANDIRIAN-nya????
    SIP...............

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Mari mandiri bersama Bank Mandiri.

      Delete
  37. Super Sekali!
    Membuat Q Menggebu-Gebu mncontohmu.
    Moga Bisa, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih saudara. mari ciptakan kewirausahaan sebagai jalan menjemput rizki Tuhan. semangat hidup mandiri!!!

      Delete
  38. Replies
    1. Terima Kasih Apresiasinya mas. sukses juga buat anda.

      Delete
  39. INi udah bisa komenar saudaraa....
    maaf baru bisa tumpahin koemntar... karena sedari tadi saya cba dan main tenis servernya... yang jelas... memang ada sedikit hal yang menawan terkait Bank Mandiri it sendiri....

    Kelengkapan itu juga bisa di cek disini.

    kurungancelotehan.blogspot.com/2013/01/bank-mandiri-bank-terbaik-di-indonesia.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih saudara. kehidupan mandiri memang menjadikewajibankita, guna menopang pembangunan negara. ayoterus semangat berwirausaha bersama Bank Mandiri.

      Delete
  40. Replies
    1. Terima kasih Farida. pemuda-pemudi Indonesia sudah seharusnya berwirausaha untuk turut serta membuka lapangan pekerjaan. Tak melulu lulus kuliah terus mencari pekerjaan, karena begitu minimnya pekerjaan akanmenambah banyaknya pengangguran di negeriini. ayo berwirausaha bersama Bank Mandiri

      Delete
  41. Aku juga gag mau kalah ah... mantab.. maju terusss.. bagi2 ilmunya juga mas,, hahahy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Zuhry, siap mari saling tolong-menolong dalam membuka wirausaha. mari hidup mandiri.

      Delete
  42. Replies
    1. Terima kasih atas atensinya. mari suksesbersama Bank Mandiri

      Delete
  43. wah keren bngt tuh gus.....
    bsok q temenn buat rekening BANK MANDIRI ya...
    q akan mengikuti jejak u.....
    semngt....
    kata aril:... lanjuttttt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya. siap, ayo langsung buka tabungan Mandiri sebagai bekal untuk usaha kita.

      Delete
  44. Well, saya memang blm punya pengalaman ke situ. Tapi, setidaknya semangat itu harus selalu tetap ada. Ibarat api, takkan pernah padam.
    "Tidak ada seorang manusia pun yang bisa menjadi kuta lahir dan batinnya, tanpa mengalami perjuangan terlebih dahulu, tanpa dirinya terbenam terlebih dahulu dalama usaha dan ikhtiar melawan kesulitan dan semanagt hidup" (By: Norman Vincent Peale,

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti kata pepatah berakit-rakit dahulu, berenang-renang kemudian, bersakit-sakit dahulu,bersenang-senang kemudian. man jadda wajada. siapa yang bersungguh-sungguh, ia yang menuai hasilnya. terima kasih atas apresiasinya. marimembuka usaha bersama Bank Mandiri.

      Delete
  45. Sip! Jadi tidak ragu mau buka tabungan Mandiri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,Bank Mandiri terbaik di Indonesia. terima kasihatas kunjungannya.

      Delete
  46. MANDIRI MEMANG T.O.P!!!
    sip...sip...sip... GO FORWARD!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas, Bank Mandiri memberi pelayanan terbaik. mari berwirausaha bersama Bank Mandiri

      Delete
  47. Replies
    1. terima kasih atas apresiasinya mas Zubair. semoga sukses buat kita. amin

      Delete
  48. Replies
    1. terima kasih kunjungannya mbak Mutmainnah, Bank Mandiri membantu kita menjadi wirausahawan yang mandiri. terus semangat!!

      Delete
  49. sae kog cah bagus... lanjutkan hidup mandiri, hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih apresiasinya mbak Aufia, kemandirian bukan persoalan bisa ataupun tidak, tapi soalsemangat bekerja meraih rizki yang halal danberkah. mari berjuang untuk mandiri bersamaBank Mandiri. semangat

      Delete
  50. Keren, deh blognya, artikelnya juga, Sukses ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kunjungannya Kiky Kikok, blog dan artikelmu juga cakep. lanjutkan.. Mari juga membangun wirausaha bersama Bank Mandiri. Terus semangat!!!

      Delete
  51. Cita-cita itu yang terpenting adalah prosesnya. Bagaimana proses itu bisa memberikan warna indah ketika tercapainya cita itu.

    Amin . .
    Semoga tercapai bro, Sukses ya dan tetap berjuang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat manusia hanyabisa merencanakan Tuhan yang mewujudkan. Namun, proses rencana harus diperjuangkan secara benaruntuk menggapai cita-cita. semangat kau..Mari menjadi entrepreneur muda yang turut membangun bangsa negara ini.

      Delete
  52. Mandiri, terdepan dan terpercaya... go...go..go.. mandiri. Hala mandiri!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih apresiasinya mas Au, kemandirian bukan persoalan bisa ataupun tidak, tapi soalsemangat bekerja meraih rizki yang halal danberkah. mari berjuang untuk mandiri bersama Bank Mandiri. semangat dan sukses selalu

      Delete
  53. Bagaimana sih cara ngaktifin Mandiri Banking sob? kok gak dijelasin disini..
    silakan kunjungi central aplikasi atau blogku disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk informasi lebih lengkapnya hadiri langsung disini https://ib.bankmandiri.co.id/ mas Zaidun. Bank Mandiri memberika pelayanan terbaik. terima kasih kunjungannya.salam

      Delete
  54. Replies
    1. terima kasih kunjungannya mas Agus Hariyanto. saya masih perlu belajar banyak soal kemandirian darimu. ditunggu masukan dan nasihatnya. mari berwirausaha bersama Bank Mandiri. sukses selalu.

      Delete
  55. Like this

    http://yangwedinar.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya. Selalu semangat untukberwirausaha dengan Bank Mandiri.

      Delete
  56. Maju terus semoga menang sob dan salam sukses!! ( ^▽^)-b

    http://tijex-music.blogspot.com/2013/01/aku-lebih-mandiri-bersama-bank-mandiri.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. terima kasih kunjungan dan doanya sob. mari berwirausaha bersama Bank Mandiri.Semangat!!!!

      Delete
  57. Replies
    1. terima kasih atas apresiasinya mbak, mari menjadi entrepreneurship bersama Bank Mandiri.

      Delete
  58. ckp menarik,,,,, membuat org yg membaca menjadi tertarik untuk mencoba dengan digunakannya kata2 yg dapat menarik perhatian si pembaca.
    smg saja usaha sampean bisa terlaksana dg baik dan lancar, serta sukses selalu.
    Aamiiin......

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas apresiasi dan kunjungannya mbak Ima, sukses selalu, mari menjadi entrepreneur bersama Bank Mandiri.

      Delete
  59. Wah apik pak ,, tingkatkan kinerja anda ... tpie isinya kurang bgtu mengena ,, hehe maslhe tu untuk ukurn Bank Mandiri ,, andekan jha ukuran tu .. pzti makin asyik tuhh ,,, ,, top buat mas bagoeeeesss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya. mari menjadi wirausahawan bersama Bank Mandiri..

      Delete
  60. Replies
    1. terima kasih atas apresiasinya mas Ibnu Masyhadi. mari menjadi wirausahawan sukses bersama Bank Mandiri.

      Delete
  61. semangat, tulisan menginspirasi, menarik kaya bagusnya, hehe smangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas apresiasinya. semangat menjadi entrepreneur bersama Bank Mandiri. semangat!!!

      Delete
  62. mantap sekali ceritanya... sumgguh menggugah hati..

    jadi pengen buka rekening di bank mandiri.
    caranya gimana z?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas apresiasinya. langsung saja ke kantor Bank Mandiri terdekat ya. mari menjadi wirausahawan bersama Bank Mandiri.

      Delete
  63. Replies
    1. amin. terima kasih atas doa dan kunjungannya. sukses selalu dan mari menjadi wirausahawan.

      Delete
  64. Replies
    1. sepakat, Bank Mandiri terbaik di Indonesia. mari terus semangat menjadi wirausahawan sukses bersama Bank Mandiri.

      Delete
  65. Kisah inspiratif, membuat pembaca (terutama untuk para entrepreneurship) lebih percaya dengan Bank Mandiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mari terus semangat menjadi wirausahawan mandiri bersama Bank Mandiri.

      Delete
  66. wah. . Jadi banyak pengetahuan. . Thanks gan... Jadi banyak inspirasi ini. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya. mari menjadi wirausahawan yang mandiri bersama Bank Mandiri.

      Delete
  67. Replies
    1. terima kasih atas apresiasinya. mari menjadi wirausahawan sukses bersama Bank Mandiri.

      Delete
  68. Bank Mandiri memang mengerti kemauan nasabah.. Semoga menang, bung! Aamiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, terima kasih atas doa dan kunjungannya. mari menjadi wirausahawan mandiri bersama Bank Mandiri.

      Delete
  69. Sungguh Inspiratif..

    Membulatkan Tekatku buat ngebesarin LNSTUDIO ku..

    Gagal emang bukan berarti ga bisa berhasil, hanya saja masi belom mendapatkan rezeki yang pas...

    Semangat!!!

    Mampir ke Artikel saya juga yak mas!!

    Sambil kasi2 Jejak inspiratif buat Karya kedepannya..

    Kesini :

    http://pernahkahkita.blogspot.com/2013/01/berakit-rakit-ke-hulu-berenang-renang.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya. kesuksesan memang tak berjalan lancar, akan ada gelombang kegagalan yang terus menyertai. ayo terus berwirausahawan mandiri bersama Bank Mandiri.

      Delete
  70. LUAR BIASA, memang BANK MANDIRI terbaik di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya. Bank Mandiri selalu menyuguhkan pelayanan terbaik.

      Delete
  71. bagus bagus mas Bagus.
    Inspiratif!

    Usaha memang berat. Karena berat itulah, ia berisi. Isinya keberhasilan.
    Cukup dengan dua hal untuk mendapatkannya, "percaya" dan "usaha".

    ingin ikut sedikit promosi, "Ayo mandiri bersama (Bank) Mandiri" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya. terus semangat menjadi wirausahawan sukses bersama Bank Mandiri.

      Delete
  72. good for my friend Bagus...

    menjadi seorang wirausahawan memang bukan hal yang mudah, perlu ketekunan dan keuletan dalam menjalaninya, dan semoga Bank Mandiri bisa membantumu untuk mewujudkannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat, mari sukses bersama Bank Mandiri. terima kasihatas apresiasi dan kunjungannya.

      Delete
  73. tulisannya menarik, pengalaman pribadi yang berkesan.
    visit juga tulisan sy ya mas

    http://andri0204.wordpress.com/2013/01/19/bank-mandiri-dalam-perspektif-teori-jejaring-sosial/

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannyamas. ayo terus semangat berwirausaha bersama Bank Mandiri.

      Delete
  74. blog ini sangat menginspirasi pembaca,,,bank Mandiri memang pantas mendapatkan apresiasi yang sangat besar,,,atas semiua yang telah diberikan kepada nasabah-nasabahnya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya. Bank Mandiri terbaik di Indonesia.

      Delete
  75. mandirilah bersama MANDIRI !!!

    ReplyDelete
  76. Logika akan membawamu dari A ke B
    Bank Mandiri akan selalu membawamu kemanapun kamu tuju...
    Good job Bagus !!!

    ReplyDelete
  77. Inpiratif, enak dibaca, terus di tengah curhatanya___-

    ReplyDelete
  78. Kereeen! Yuk kita gabung bersama Bank Mandiri
    Mampir ya & komentarnya juga :)
    http://abangegih.blogspot.com/2013/01/karena-hidup-adalah-pilihan-maka.html

    ReplyDelete
  79. great...
    nice writing mas bro... inspiratif beuuuddd... ahahaha
    wish u luck, and be d' winner... :)

    ReplyDelete
  80. Replies
    1. koyone bakal menang kie sugab,, siap2 ae keno timpukan kucingan gratisss.. :D

      Delete

Silahkan Berpendapat